Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Desa Ancaran

Artikel

Bimbingan Teknis Smartvillage se-Kecamatan Kuningan

31 Mei 2023 15:24:50  ADE W  383 Kali Dibaca  Berita Desa

Program Smart Village Kuningan merupakan inisiatif yang dicanangkan oleh pemerintah setempat dengan tujuan untuk menghubungkan masyarakat desa dengan teknologi digital, memperluas aksesibilitas informasi, dan memperbaiki pelayanan publik. Melalui program ini, setiap desa di Ka-bupaten Kuningan diberikan bimbingan teknis untuk mengadopsi dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara efektif.

Pada hari Rabu tanggal 31 Mei 2023, Operator Smartvillage se-Kecamatan Kuningan mengikuti Bimbingan Teknis yang dilaksanakan di Desa Kasturi untuk lebih mengenal dan memahami fitur-fitur aplikasi seperti mengolah data pemerintahan, data kependudukan, profil Desa, dan lain-lain.

"Bimbingan Teknis hari ini sangat bermanfaat sebagai langkah awal bagi kami dalam melaksanakan tugas sebagai operator. Kami perlu banyak belajar agar bisa mengoptimalkan semua fitur serta fungsi yang dimiliki oleh aplikasi ini," ujar Sekretaris Desa Kasturi, Neneng Ratnayu, saat dimintai pendapat setelah acara Bimtek selesai.

Sementara itu, Heri Setiawan, S.Kom. yang menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan bimtek tersebut berharap agar sinergi antara Tim Smartvillage dengan Pemerintah Desa selalu terjalin.

"Harapannya dengan adanya bimtek rutin ini kita senantiasa bersemangat untuk bersinergi antara pihak tim Smartvillage Kuningan dan pemerintahan desa untuk sama-sama mendukung dan mewujudkan kuningan satu data, agar kita dapat merasakan manfaat dari program ini. Jika program ini sudah direalisasikan dengan baik dan desa memiliki data yang valid maka pemerintahan desa akan dimudahkan dalam melakukan pelayanan kepada warga desa," ujarnya.

Lebih lanjut, Heri yang juga merupakan bagian dari Tim IT Smartvillage Kabupaten Kuningan menjelaskan bahwa Bimbingan teknis yang diberikan kepada desa-desa di Kabupaten Kuningan melibatkan berbagai aspek penting dalam pengembangan desa cerdas, antara lain:

  1. Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas: Para petugas desa dan masyarakat diberikan pelatihan tentang penggunaan teknologi seperti komputer, internet, dan smartphone. Mereka diajarkan cara mengakses informasi, berkomunikasi, dan menggunakan aplikasi yang rele-van untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.
  2. Infrastruktur TIK: Program Smart Village Kuningan juga memperhatikan infrastruktur teknologi di desa-desa. Pembangunan infrastruktur seperti instalasi internet, hotspot, dan pusat akses komputer dilakukan untuk memastikan aksesibilitas yang lebih baik terhadap teknologi digital.
  3. Pelayanan Publik Berbasis Digital: Melalui program ini, pemerintah desa mendorong penyediaan pelayanan publik berbasis digital.
  4. Pertanian dan Ekonomi Digital: Program Smart Village Kuningan juga mengarahkan desa-desa untuk mengembangkan sektor ekonomi digital.

Dalam melaksanakan Bimbingan Teknis Desa Se-Kecamatan Kuningan, program ini bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan sektor swasta. Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan dukungan dan sumber daya yang dibutuhkan untuk memper-cepat implementasi program Smart Village Kuningan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Aparatur Desa

Back Next

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Bale Desa No. 1
Desa : Ancaran
Kecamatan : Kuningan
Kabupaten : Kuningan
Kodepos : 45514
Telepon : 02328882816
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:100
    Kemarin:390
    Total Pengunjung:101.529
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.131.91
    Browser:Mozilla 5.0